Jumat, 20 Mei 2011

Pembiayaan BNI Untuk Industri Kerajinan Ditingkatkan

BNI akan meningkatkan pembiayaan untuk industri kerajinan atau industri kreatif melalui program kemitraan bina lingkungan yang dananya berasal dari keuntungan bank tersebut. "Sampai sekarang dana PKBL untuk industri kreatif Rp20O miliar. Nanti saat RUPS kami akan minta untuk ditambah lagi karena persentasenya sekitar 2 - 3 persen dari keuntungan perusahaan," kata Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo di sela-sela pembukaan Inacraft 2011 yang disponsori oleh BNI di lakarta, Rabu.
Menurut dia, PKBL ditujukan untuk pengusaha kecil yang sudah memiliki usaha berprospek bagus namun belum layak mendapat akses perbankan sehingga dengan program PKBL, usaha tersebut dibina sehingga layak mendapatkan kredit bank. "Setelah berhasil dari PKBL, usaha itu bisa mendapatkan KUR atau kredit usaha kecil dari BNI karena dalam PKBL mereka mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan usahanya dengan diikutkan dalam pameran sampai ke luar negeri," katanya.
Dalam PKBL, lanjut Gatot, para pengusaha kecil itu juga mendapat pembinaan dalam mengelola keuangan mereka sehingga bisa belajar mengatur modal yang didapat dari perbankan apabila usaha mereka dianggap layak mendapatkan kredit bank.
"Kredit bermasalah PKBL ini sangat kecil, yaitu di bawah 1 persen karena niat mereka untuk berkembang tinggi dan kami juga sudah memberitahukan bahwa dana yang mereka gunakan ditunggu juga oleh pengusaha kecil lain, karena ini sifatnya dana bergulir," katanya.
BNI kembali mendukung penyelenggaraan pameran Inacraft 2011 yang menampilkan produk kerajinan usaha kecil dari seluruh Indonesia sebagai bentuk keseriusan dalam memberdayakan usaha kecil di Tanah Air.
Pembukaan Inacraft 2011 dilakukan oleh Wapres Boediono yang dihadiri juga oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.
Gatot mengatakan, komitmen BNI dalam memberdayakan usaha kecil, selain dilaksanakan dengan penyaluran kredit juga dengan melakukan pembinaan usaha antara lain melalui program motivasi, pelatihan ekspor/impor, pengelolaan keuangan/akuntansi, pemasaran dan pemanfaatan jasa perbankan.
"BNI juga sering memberikan kesempatan kepada usaha kecil unruk mengakses pasar seperti dengan menyertakan mereka pada pameran di dalam maupun di luar negeri," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More