Senin, 23 September 2013

Cara Meredakan Bengkak pada Bagian Tubuh


KAGET, KHAWATIR DAN PANIK. Itu perasaan yang muncul ketika mendengar kabar MAK (baca: IBU) terjatuh setelah terjadi kecelakaan kecil tertabrak sepeda di depan gerbang pasar saat pergi belanja keperluan untuk memasak dua hari lalu. Pikiran bertambah kacau ketika kaki sebelah kanan menjadi bengkak dan tidak bisa dibuat berpijak akibat rasa sakit yang muncul dan bagian bahu pun terasa nyeri. Tanpa berpikir panjang lebar, langsung tangan mengambil hp (baca: handphone) langsung online dengan membuka mbah gugel (baca: google) dan mencari cara untuk meredakan bengkak tersebut. Setelah itu dipraktekkan langsung dan keadaan MAK akhirnya berangsur pulih. Berikut ini langkah-langkah cara meredakan bengkak yang saya temukan dari beberapa sumber melalui pencarian pada mbah gugel. Simak pembahasannya di bawah ini.
Tips Kesehatan berikut merupakan Cara meredakan bengkak. Bengkak merupakan perubahan menjadi besar yang terjadi pada bagian tubuh seperti kaki dan tangan akibat pengaruh suatu hal. Pengaruh bengkak tersebut dapat dibagi menjadi 2 (dua) macam dan cara meredakannya, yaitu:
1. Bengkak karena penyakit asam urat (Gejala pada Bapak ini), hal ini terjadi karena adanya penumpukan asam urat pada bagian tubuh tertentu terutama pada bagian tangan dan kaki disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Kebanyakan penderita ini dikarenakan berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung purin seperti kacang-kacangan, kerang, jeroan dan lainnya. Penderita bengkak asam urat lebih banyak diderita oleh orang tua usia lanjut disebabkan oleh kinerja tubuh yang mulai menurun. cara meredakan bengkak akibat asam urat dengan cara pertama mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium seperti kentang dan pisang, kedua mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seprti jeruk dan pepaya, ketiga mengkonsumsi buah dan sayur seprti buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, tomat dan sawi putih dan tentunya hindari bekerja terlalu keras.
2. Bengkak akibat trauma/benturan (Gejala pada MAK), bagian tubuh akan mulai membengkak beberapa saat setelah terjadi trauma benturan seperti kesandung, keseleo, terjatuh atau bahkan mengalami kecelakan berkendara. Bengkak jenis ini akan disertai rasa nyeri pada bagian bengkak dan memar. Untuk meredakan bengkak jenis ini ada beberapa cara yaitu, pertama dilakukan pemijitan pada bagian yang terkena benturan dan bagian sekitarnya (ini dikhususkan pada penderita bengkak ringan tidak disertai luka), kedua penggunaan es batu dengan ditempelkan pada bagian bengkak untuk mengurangi rasa nyeri, ketiga mengoleskan minyak tawon pada bagian bengkak, dan keempat dengan meminum obat antibiotik menurut petunjuk dokter.

Demikian Tips Kesehatan Cara Meredakan Bengkak pada Bagian Tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More