Sabtu, 04 Juni 2011

Arti Penting Tasyakuran Khatam Al Quran

Al Quran adalah pedoman hidup manusia bagi umat islam khususnya. Bagi orang-orang yang belajar membaca Al Quran (mengaji) menjadi titik awal bagaimana kita memaknai ayat-ayat yang ada di dalamnya. Meski terkadang membacanya tidak diikuti oleh pemahaman yang mendalam terhadap arti dari aya-ayat tersebut. Membacanya dari awal dimulai dari Surat AL-Fatihah hingga Surat An-Naas dan dapat dikatakan khatam Al Quran terlepas dari paham tidaknya, fasih tidaknya dari bacaan Al Quran menjadi titik penting dari harapan dalam menjalani kehidupan dengan Al Quran sebagai semangat dan pedoman.
Yah, itu pula yang terjadi kepada para santri yang mengaji terutama di pondok pesantren maupun tempat-tempat mengaji seperti mushola dan masjid lainnya, terutama yang ada di lingkungan desa. Kehidupan masyarakat yang masih memegang teguh sebuah tradisi dalam memaknai khatam Al Quran untuk anak-anak mereka dengan mengadakan suatu tasyakuran khatam Al Quran. Sederhana sebenarnya kegiatan ini, namun memiliki suatu harapan  dan doa yang sangat agung. Suatu wujud terima kasih atas anugerah dan rahmat yang diberikan oleh Allah  SWT. terhadap telah khatamnya bacaan Al Quran yang dipelajari serta melantunkan suatu doa agar si anak dapat terus membaca dan memahami isi dari Al Quran dalam setiap kehidupan yang akan dijalani ke depannya.
Seperti itu pula harapan dari kedua orang tuaku terhadap adik bungsuku (Nur Halimah) yang telah belajar membaca Al Quran sampai Juz 30. Senang bukan main dirasakan oleh mereka dan melantunlah suatu doa kepada adikku untuk dapat terus menjadikan Al Quran sebagai tuntunan dalam hidup. Untuk mewujudkan rasa syukur dan terima kasih yang amat mendalam, maka dengan tradisi yang dipegang, akhirnya mereka memutuskan mengadakan tasyakuran tersebut kemarin tanggal 4 Juni 2011.
Semoga apa yang diharapkan oleh kedua orang tuaku menjadi suatu permintaan kepada Allah SWT, tidak hanya untuk adikku tetapi bagi kami bersaudara dan keluarga agar selalu menjadikan Al Quran sebagai pedoman, tuntunan dan suatu kewajiban dalam menjalankan kehidupan sebagai manusi yang selalu bersujud dan menyembah Allah serta meneladani Nabi Muhammad SAW. Amin ya Robbal Alamin.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More