Rabu, 08 Juni 2011

Studi Banding Ke Sentra Industri Genteng Trenggalek

Untuk memberikan pembinaan dalam peningkatan dan pengembangan Industri Genteng di Situbondo dengan menitikberatkan pada kualitas produk genteng agar lebih baik, Disperindag Kabupaten Situbondo melalui Bidang Intamben (Industri, Pertambangan dan Energi) mengajak para perajin genteng untuk melakukan studi banding ke Sentra Industri Genteng Gandusari Trenggalek. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 April 2011.
Tak dapat dipungkiri bahwasanya kualitas genteng yang ada di Situbondo belum maksimal dengan masih adanya beberapa komplain dari konsumen sebelumnya. Permasalahan yang lain kurang adanya kerjasama antara perajin yang satu dengan yang lain dalam penyelesaian pesanan besar sehingga pemenuhannya dalam suatu kelompok.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sekitar 40 perajin yang tersebar di sentra industri genteng Kalibagor serta 3 perajin genteng di Bungatan, diajak untuk belajar lebih baik dengan suatu kegiatan studi banding. Dimana harapan kegiatan ini yaitu; untuk memberikan cerminan sebagai bahan koreksi dan evaluasi serta sebagai contoh dalam melakukan kegiatan produksi yang lebih baik.
Sambutan dari Disperindag Trenggalek

Diskusi dan Sharing di Sentra Industri Genteng

Melihat Langsung Proses Produksi
Kegiatan ini didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perindag, Kabid Intamben beserta Kasi-Kasi dan beberapa staf Bidang Intamben. Acara dimulai dengan sambutan dari Perwakilan Dinas Perindag Kabupaten Trenggalek dan selanjutnya langsung menuju lokasi sentra industri Gandusari. Kegiatan yang dilakukan lebih diarahkan pada diskusi dan sharing dalam pengelolaan industri genteng untuk menghasilkan produk yang berkualitas baik serta penataan peralatan dan perlengkapan proses produksi.
Mengenal Mesin Cetak Genteng

Produk Genteng dengan Kualitas Lebih Baik
Dapat dilihat perbandingan yang sangat mencolok antara pengelolaan industri diantara kedua sentra industri genteng masing-masing kabupaten dalam kesadaran untuk lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas serta menjaga kepuasan konsumen.
Semoga dari kegiatan ini, dapat memberikan manfaat untuk para perajin industri genteng di Kabupaten Situbondo dalam peningkatan kualitas untuk memenuhi kepuasaan konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More