Minggu, 05 Juni 2011

Bahaya Radiasi Hp dan Pencegahannya

Sekilas info kali ini akan memberikan pandangan terhadap bahaya radiasi HP (baca: Handphone).
Dalam kehidupan saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa HP adalah bagian hidup yang tidak bisa lepas dari kita. Bukan lagi sebagai kebutuhan sekunder tapi telah beralih menjadi kebutuhan primer dalam menjalin komunikasi dan silaturahmi. Padahal penggunaan HP itu sendiri ternyata menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Karena pada HP terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara. Gelombang RF(radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.

Apa itu radiasi?

Radiasi adalah energi yang berpindah melalui ruang dalam bentuk gelombang atau partikel. Hal ini terjadi secara alami dan selalu terjadi di sekitar kita. Beberapa ahli mengtakan radiasi dalam skala kecil merupakan hal yang baik dalam ilmu kedokteran untuk memerangi dan mendiagnosis beberapa penyakit.

Radiasi dan Handphone Anda

Jenis radiasi yang dipancarkan dari HP adalah radiasi elektromagnetik. Saat berbicara melalui telepon seluler, pemancar menerima bunyi dari suara dan mengkodekannya ke dalam gelombang sinus tanpa henti. Gelombang sinus merupakan jenis dari gelombang berubah-ubah yang tanpa henti memancar keluar dari antena dan berfluktuasi dengan datar melalui angkasa.

Gelombang sinus merupakan batas pengukuran frekuensi. Frekuensi adalah
waktu perdetik yang dibutuhkan gelombang mencapai titik tertinggi dan terendahnya. Ketika pengkodean, bunyi telah di ubah ke dalam gelombang sinus dan pemancar mengirim sinyal ke antena yang akan mengirim sinyal tersebut keluar. Telepon selular mempunyai pemancar berdaya rendah. Kebanyakan telepon di mobil mempunyai pemancar berdaya 3 watt. Telepon seluler yang kita pakai bekerja pada daya 0,75 hingga 1 watt. Posisi pemancar terletak di dalam telepon selular bervariasi tergantung dari pembuatan, tapi biasanya terletak berdekatan dengan antena.

Gelombang radio yang mengirim sinyal pengkodean merupakan hasil dari penyebaran radiasi elektromagnetik oleh antena. Fungsi antena pada kebanyakan pemancar radio untuk mengirim gelombang radio sampai ke angkasa. Di dalam kasus telepon seluler, gelombang tersebut terbawa oleh pemancar di menara telepon selular.

Risiko kesehatan
Meskipun sampai saat ini belum ada bukti yang meyakinkan bahwa menggunakan ponsel menyebabkan efek merugikan jangka panjang pada manusia, namun penelitian telah menunjukkan bahwa paparan gelombang RF yang dipancarkan dari ponsel dapat menyebabkan:
  1. Tumor
  2. Penurunan memori
  3. Kanker
  4. Kerusakan otak
  5. Kerusakan Janin
Pencegahan
Meskipun tidak ada bukti bahwa ponsel menghasilkan tingkat radiasi yang cukup untuk menyebabkan efek buruk jangka panjang, tidak ada salahnya mengambil tindakan pencegahan sederhana untuk mengurangi tingkat radiasi dari HP anda:
  1. Pakailah bebas genggam (headset)
  2. Jauhkan handphone anda dari tubuh saat tidak digunakan
  3. Batasi penggunaan telepon di dalam gedung
  4. Batasi penggunaan telepon pada anak
Demikian sekilas info tentang Bahaya Radiasi dan Pencegahannya. Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More