Rabu, 18 Mei 2011

Batik Cotto'an

Pertama kali pembatik di Desa Pelean Kecamatan Kapongan adalah Enjuk Bayan (asal Madura) penerusnya adalah putrinya bernama Ibu Dul, secara turun menurun dilanjutkan Ibu Sahriya dan kemudian oleh Ibu Dari; semasa hidup mereka bertempat tinggal di Pedukuan Cotto’ Desa Peleyan, Kec Kapongan.
Sedang batik di Situbondo sendiri pada zaman Belanda dan Jepang sudah ada hingga zaman Kemerdekaan RI masih berkembang, dan berakhir pada tahun 1980 an.
Kejayaan zaman keemasan batik Cotto’an terkesan cukup terkenal di Situbondo, yang memperoleh dukungan pembiayaan dan pembinaan dari : H. Khadir, H. Dafir, Hj. Aminah dan Hj. Kulsum.
Dari tahun 1950 sampai tahun 1980 an pemasaran batik Situbondo “Cotto’an” di pasar Cermee, pasar Situbondo, dank e pasar Prajekan. Permbatik pada saat itu bahan yang dipergunakan adalah Ourpos, Malan putih (malan Jepang) dan Malan Tawon.
Bahan pewarna waktu itu diperoleh (beli) di Asembagus dengan jenis pewarna bernama beddelen atau soge; Sedang surutnya pembatik Cotto’an dikarenakan penjual bahan pewarna (orang Cina) sudah pada meninggal dunia, maka berakhirlah orang-orang Cotto’ Desa Peleyan melakukan aktivitasnya membatik pada tahun 1980 an. 

Diprakarsai oleh Pak Jasmiko di desa Selowogo Kecamatan Bungatan, perkembangan batik di  Situbondo mulai menggeliat dengan beberapa orang yang mulai menggali kembali potensi batik di Situbondo,.Salah satunya adalah Nyai Hj. Saripa Fatmah berasal dari Desa Peleyan Kecamatan Kapongan.

Untuk membangkitkan batik Cotto’an dengan prakarsa Nyai Hj. Sarifah Fatma Assegaf dengan menggait pembatik tahun 1975-an sampai dengan 1980-an yang kini masih hidup adalah Ibu Dari, Ibu Jaswani, dan Ibu Patrek setelah mereka tidak membatik 20-30 tahun lamanya kini mulai melakukan aktivitasnya membatik kembali bersama warga lingkungan sekitar dan sejumlah Santri Nyai Hj. Sarifah yang beralamat di Pondok Pesantren “NURUL HUDA” Desa Peleyan Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Batik Cotto'an memproduksi batik tulis, cap dan printing dengan harga terjangkau. Batik Cotto'an merupakan industri batik dengan motif khas Situbondo (motif kerang) yang masih dalam taraf Industri Kecil dan Menengah. Lokasi industri yang berada di area Pondok Pesantren Nurul Huda di Desa Peleyan Kecamatan Kapongan ini, memiliki tenaga kerja yang tak lain adalah para santri dan santriwati serta warga sekitar. Sejak berdiri mulai Juli 2010 hingga saat ini, Batik Cotto'an telah memiliki tenaga kerja ± 57 orang. Saat ini Batik Cotto'an telah memiliki motif 80 lebih dan semuanya merupakan motif kerang dan potensi laut lainnya.

Ini beberapa contoh motif Batik Cotto'an:


tali tanpa putus

kode 011

kode 015

kode 039

Lamtoro Gong

Tali Patah - Patah

kode 056

kode 071


Untuk pemesanan silahkan hubungi atau datang langsung ke:
Nama  : Syarifah Fatma Assegaf
Alamat : Ponpes Nurul Huda desa Peleyan kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo
CP      : 081358601216

2 komentar:

saya tertarik ingin mengembangkan potensi batik di situbondo. bisa ga kerja sama untuk mengembangkan batik asli situbondo

Kerjasama seperti apa ya???
tentunya disambut baik buat pengembangan industri batik...

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More