Jumat, 20 Mei 2011

Cara Pengajuan PUK Telkom


Informasi pinjaman modal bagi usaha/industri kecil dan menengah merupakan hal yang sangat diperlukan oleh para pelakunya. Berdasarkan pengalaman yang saya peroleh dalam mengantarkan IKM binaan dalam melakukan pengajuan modal ke kantor telkom jember pada hari kamis tanggal 19 Mei 2011, berikut saya akan paparkan beberapa informasi yang saya ketahui.
Program PUK (pinjaman usaha kecil) merupakan program yang dicanangkan PT. Telkom sebagai salah satu BUMN untuk membantu pengembangan Industri Kecil dan Menengah dengan memberikan pinjaman modal kepada para pelaku usaha yang masuk dalam kategori UKM/IKM. Adapun beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh para mitra (yang saya tahu), antara lain:
- Alat komunikasi yang digunakan oleh mitra adalah alat komunikasi PT. Telkom seperti contoh; Flexi, telepon rumah dan Telkomsel.
- Usaha yang dimiliki minimal telah berjalan selama 2 tahun.
- memiliki pembukuan keuangan (meskipun sederhana)
- surat ijin tanda daftar industri (wajib)
- surat keterangan usaha (SKU) dari kantor desa mitra
- denah lokasi tempat usaha/industri --> sebagai acuan dalam melakukan survey.
- surat ijin usaha perdagangan (SIUP) --> jika memiliki
- nomor pokok wajib pajab (NPWP) --> jika memiliki
- foto kopi KTP suami/istri
- foto kopi surat nikah
- foto kopi kartu keluarga
- mengisi form pembukuan yang telah disediakan --> mengacu pada pembukuan yang dimiliki mitra
- surat pernyataan mitra menggunakan materai 6000
- surat persetujuan dari suami/istri mitra
- tentunya jaminan --> dimana jaminan yang dijadikan persyaratan memiliki nominal 1,5 kali jumlah pinjaman yang diajukan

Proses pengajuan pinjaman tersebut dilakukan dengan mitra datang langsung ke kantor Telkom yang menangani PUK, untuk di daerah eks karesidenan Besuki di kantor Telkom Jember bagian CDA (Community Development Agent). Kemudian dilakukan wawancara terkait usaha/industri yang ditekuni (gambaran umum usaha), setelah itu pihak telkom memberikan form persyaratan dan formulir yang harus dipenuhi oleh mitra (form hanya dikeluarkan oleh pihak telkom sehingga kemungkinan tidak bisa diperbanyak). selanjutnya mitra memenuhi persyaratan dan mengisi form yang diberikan dan diberikan kembali ke pihak telkom, selanjutnya pihak telkom akan  melakukan survey. Dari hasil survey akan ditentukan apakan mitra berpeluang mendapatkan pinjaman atau tidak. Berdasarkan pemberian pinjaman modal tersebut, PT. Telkom hanya memberikan pinjaman sistem periode yaitu 4 kali setahun pada bulan maret, juni, september dan desember.
Lihat Contoh Formulirnya, disini!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More